Inilah 5 Jenis Obat Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh Tanpa Efek Samping

Inilah 5 Jenis Obat Darah Tinggi yang Terbukti Ampuh Tanpa Efek Samping

Darah tinggi atau dalam dunia medis sering disebut sebagai hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah pada dinding arteri mengalami peningkatan drastis. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami darah tinggi, seperti gaya hidup maupun genetika. Namun, gangguan kesehatan tersebut harus segera mendapat penanganan yang tepat karena jika sampai telat dapat menyebabkan komplikasi seperti stroke dan serangan jantung. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui apa saja jenis obat darah tinggi sedini mungkin.

Ketika seseorang sudah memasuki usia lanjut, umumnya hipertensi atau darah tinggi menjadi hal yang sudah umum terjadi. Akan tetapi, sebenarnya ada kiat-kiat yang dapat dilakukan agar terhindar dari jenis penyakit tersebut, antara lain:

  • Jika Anda termasuk salah satu orang yang merokok, ada baiknya jika mulai mengurangi atau sangat disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Zat nikotin yang terdapat pada asap rokok akan meracuni darah dan membuat jantung bekerja lebih keras.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat berpengaruh pada jaringan yang mengontrol volume darah didalam tubuh. Untuk itu, Anda sebaiknya selalu menjaga berat badan dalam kondisi yang ideal.
  • Anda sebaiknya juga mengurangi semua jenis makanan dengan rasa asin berlebihan. Kandungan garam didalam tubuh yang terlalu banyak akan mengendap dan mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah akan semakin meningkat.
  • Semua jenis minuman beralkohol juga terbukti membuat kinerja jantung menjadi lebih keras. Jika hal ini berlanjut, maka akan berujung pada naiknya tekanan darah didalam tubuh, maka sebaiknya Anda menghindari semua jenis minuman dengan kandungan alkohol.

Biasanya gejala umum yang ditunjukkan oleh orang yang terkena darah tinggi adalah seperti mudah lelah, sulit berkonsentrasi, mata berkunang-kunang dan frekuensi buang air kecil meningkat. Oleh sebab itu, berikut ada beberapa obat darah tinggi alami yang terbukti ampuh tanpa efek samping apapun, yaitu:

  1. Konsumsi bawang putih.

Khasiat bawang putih untuk menurunkan tekanan darah sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat merebusnya kemudian di blender sampai halus lalu dicampurkan pada makanan.

  1. Cokelat hitam.

Cokelat hitam asli dipercaya dapat melebarkan pembuluh darah yang ada didalam tubuh, sehingga secara otomatis tekanan darah akan stabil dan turun kembali.

  1. Sinar matahari.

Para penderita hipertensi juga disarankan untuk memiliki jenis aktifitas di luar ruangan, hal ini dikarenakan sinar matahari yang terpapar ke kulit akan melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah juga akan turun dengan sendirinya.

  1. Olahraga.

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur selama 30 menit dapat menurunkan hipertensi dengan cepat. Selain itu, olahraga juga memiliki banyak manfaat lain yang sangat bagus untuk kesehatan.

  1. Jahe.

Jenis tanaman herbal yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai minuman dan memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jahe juga terbukti mampu mengendurkan otot-otot sehingga sangat baik di konsumsi oleh para penderita hipertensi.

Selain beberapa obat darah tinggi di atas, sebenarnya masih ada berbagai upaya yang bisa Anda lakukan untuk membantu menyembuhkan hipertensi. Seperti jalani pola hidup sehat, makan secara teratur dengan asupan gizi dan nutrisi yang baik. Anda sebaiknya juga memperbanyak konsumsi air putih untuk mengeluarkan semua toksin yang ada didalam tubuh. Setelah melakukan beberapa upaya di atas, Anda juga tetap disarankan untuk melakukan periksa ke dokter secara rutin untuk mengetahui perkembangan kondisi tubuh.

eddye