Kawasan Sejuk Yang Populer Sejak Zaman Pra-Kemerdekaan

Kawasan Sejuk Yang Populer Sejak Zaman Pra-Kemerdekaan

Tretes adalah kawasan wisata pegunungan di wilayah Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Wilayah Tretes adalah 60 km selatan Surabaya di kaki dan lereng Pegunungan Arjuno-Welirang. Kata Tretes berasal dari kata tetesan air yang membaca ujian. Ini mengacu pada sumber air yang menetes ke celah-celah di dinding batu di daerah Dong Biru. Sejak masa kolonial, wilayah Tretes dikenal sebagai tempat peristirahatan.

Mayoritas populasi wilayah Tretes adalah orang Jawa. Seni daerah, yang sering ditampilkan di Tretes, adalah Bantengan, sebuah atraksi di mana para pemain biasanya akan sibuk. Biasanya Bantengan ini muncul dalam prosesi atau pesta. Untuk kawasan wisata Tretes Anda dapat menggunakan bus di stasiun bus Pasuruan. Dari stasiun bus Pasuruan Anda dapat melanjutkan dengan transportasi kecil ke Prigen. Mobil pribadi juga dapat dipilih. Pengunjung dapat memilih jalur berdasarkan keinginan dan keadaan jalan pada saat itu, jalur selatan atau jalur utara.

Candi Jawi
Candi ini terlihat belang. Kaki dan lorong menggunakan batu berwarna gelap. Sedangkan bagian tubuh candi menggunakan batu putih. Para ahli mencurigai Candi Jawi tak lama setelah dipukul oleh batu putih oleh kilat. Candi Jawi mencakup area yang cukup luas, kira-kira. 40 x 60 m2, dikelilingi oleh tembok bata setinggi 2 m. Bangunan candi dikelilingi oleh parit yang saat ini dihiasi dengan bunga lotus. Ketinggian candi ini sekitar 24,5 meter dengan panjang 14,2 m dan lebar 9,5 m.

Air terjun Kakek Bodo
Pegunjung akan menikmati perjalanan di air terjun setinggi 40 meter. Terletak di 850 meter di atas permukaan laut, semua orang pasti akan tertarik dan melepaskan nuansa. Daya tarik unik ini memiliki 3 pintu masuk sekaligus. Selain di tepi laut, objek wisata Tretes ini juga menawarkan taman yang cocok untuk selfie. Terlebih lagi, pemandangan sekitar sangat menakjubkan. Pohon-pohon yang menjulang tinggi dan nyanyian burung bernyanyi untuk pemandangan indah dari lereng Gunung Arjuna. Air terjun ini berasal dari sungai Caligian yang terus mengalir sepanjang musim. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan air jika Anda datang ke daerah ini selama musim kemarau. Hanya saja debitnya tidak terlalu banyak. Berbeda dengan teman-teman pribumi yang datang selama musim hujan yang melimpah.

eddye