Mengenal Fungsi Dasar Aksesoris Sepeda Motor, Battery Aki Yamaha

Mengenal Fungsi Dasar Aksesoris Sepeda Motor, Battery Aki Yamaha

Sebenarnya tidak hanya untuk motor Yamaha saja, tetapi motor dari merek atau brand lainnya juga diharapkan agar tetap menggunakan suku cadang atau spare part yang asli. Alasannya, untuk menjaga performa dan kualitas motor tersebut agar tetap terjaga. Tak terkecuali untuk aksesoris sepeda motor satu ini, yakni battery aki Yamaha. Anda pastinya tidak boleh sembarangan memilih battery aki untuk motor kesayanganmu tersebut.

Apalagi battery aki ini memiliki peranan yang cukup penting sekali bagi sepeda motor Anda, ya meskipun hal tersebut kerap kali diabaikan oleh pemilik motor. Mungkin saja bukan Anda sendiri, tetapi ada banyak orang di luar sana yang masih kebingungan mengenai perawatan dan pergantian battery aki motornya. Hal tersebut tentu saja jadi suatu kekhawatiran tersendiri sebab battery aki adalah komponen penting bagi sepeda motor, jadi perlu pengetahuan yang baik dan benar tentang battery tersebut.

Mengenal Fungsi Dasar Aksesoris Sepeda Motor, Battery Aki Yamaha

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa, pada dasarnya battery aki motor Yamaha atau merek motor yang lainnya ini sama seperti battery otomotif yang bisa diisi ulang selama penggunaannya, sehingga memberikan pelayanan yang lebih lama lagi. Apabila ada masalah atau bahkan battery motormu rusak, maka lampu utama akan langsung merespon hal tersebut dengan meningkatkan rpm mesin. Sehingga Anda akan mendapati pencahayaan yang berkurang ketika motor berjalan dikecepatan rendah, tetapi pencahayaan akan lumayan ketika motor digunakan untuk melaju dengan cepat.

Sebab saat ini diberikan peningkatan pada jumlah komponen listrik pada sepeda motor keluaran terbaru, maka yang demikian tersebut membuat pergeseran teknologi empat stroke dan faktor lainnya, pengendara pun menjadi lebih bergantung lagi pada sistem pelistrikan satu ini. Asal Anda tahu saja, bahwa battery aki ini memiliki bentuk komponen seperti kotak dengan bagian penutup berwarna hitam dan casing transparan.

Tetapi demikian, untuk bagian dalam battery-nya secara terus – terusan alami peningkatan. Bahkan battery secara bergantian meletakkan plat positif, plat negatif, dan separator dalam larutan elektrolit. Proses pengisian dan penggunan diulang dengan zat yang bermuatan positif juga negatif lewat reaksi kimia dalam elektrolit. Dan berikut ini adalah beberapa rangka aki yang harus Anda tahu.

Tidak memiliki saluran pembuangan gas, alias tanpa vent plug

Dari penggunaan bahan atau material grid lead calsium alloys, sehingga gas hasil reaksinya akan diubah kembali menjadi cair, sehingga tidak perlu lagi adanya saluran pembuangan gas. Sementara itu untuk aki biasa, gas-nya ternyata tidak bisa diubah menjadi air dan harus dikeluarkan terlebih dulu lewat vent plug.

Bebas bocor

Perlu untuk Anda tahu pada battery aki ini ada AGM Separator, ini adalah serat glass mat khusus yang memiliki daya serap tinggi, bisa menyerap ke seluruh accu zuur. Dengan begitu aki menjadi kering dan terbebas dari kebocoran aki atau tumpahan aki. Bahkan battery aki ini juga tidak perlu periksa maupun tambahan air aki. Posisi akinya pun bisa dipasangkan lebih bebas, asalkan tidak dibalik.

Jauh lebih aman

Katup pengaman atau valve yang dimiliki memiliki fungsi untuk melepaskan gas jika memang terjadi kelalaian over charging. Yang demikian tersebut tentu saja juga bisa mencegah aki kembung. Tidak hanya itu saja, juga ada ceramic filter yang bisa menahan sumber api kontak dengan gas dari dalam. Ini tentu saja akan membuat aki lebih aman dari masalah kecelakan ledakan. Tetapi demikian, untuk menjaga keselamatan Anda, sebaiknya jauhkan aki dari sumber api.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang mengenal fungsi dasar aksesoris sepeda motor, battery aki Yamaha. Semoga bermanfaat.

eddye