Pengertian Gangguan Kepribadian

Kesehatan

Gangguan kepribadian  menjadi salah satu gangguan mental yang banyak terjadi hampir di setiap belahan dunia, termasuk juga negara Indonesia. Gangguan mental ini ditandai dengan adanya pola perilaku yang maladaptif, agresif dan sebagainya.

Gangguan ini dapat membuat penderitanya memiliki kepribadian yang kurang sehat, dimana penderitanya akan merasa kesulitan dalam bersosialisasi, berkumpul dengan keluarga bahkan dengan teman – temannya. Penderita akan merasa kesulitan untuk membedakan mana dari perilaku mereka yang bisa dianggap sebagai perilaku yang normal atau perilaku yang tidak normal seperti pada umumnya.

Terdapat beberapa penjelasan serta pengertian dari gangguan kepribadian ini. Berikut adalah definisi dari gangguan mental ini serta pengertiannya menurut beberapa ahli.

Definisi Gangguan Kepribadian Secara Umum

Gangguan Kepribadian  atau Personality Disorder ( PD ) merupakan kumpulan dari gangguan kejiwaan yang sangat mempengaruhi pola pikir penderitanya, baik bagaimana penderita  berpikir, merasakan, hingga bertingkah laku. Kepribadian sendiri adalah suatu kumpulan yang unik dari watak seseorang, gaya perilaku, serta pola yang dapat membentuk karakter seseorang tersebut. Kepribadian dari tiap orang berguna untuk mempengaruhi bagaimana cara memandang dunia, pikiran, perilaku serta dalam hal perasaan.

Akibat dari gangguan kepribadian ini, seseorang yang menderita PD akan akan sangat kesulitan dalam melakukan sosialisasi baik dengan teman bahkan dengan keluarga sendiri.  Penderitanya juga akan tidak menyadari perilakunya sendiri apakah perilaku tersebut normal dimata orang atau tidak normal seperti pada umumnya.

Gangguan mental ini belum mempunyai penyebab yang pasti hingga membuat penderitanya menjadi mengalami gangguan ini. Namun faktor – faktor seperti genetik, trauma, hingga lingkungan diduga dapat menjadi pemicu munculnya gangguan PD ini.

Pengertian Gangguan Kepribadian Menurut Beberapa Ahli

Para ahli juga memiliki pandangan sendiri mengenai gangguan mental kepribadian ini. Beberapa ahli menyatakan pendapatnya sebagai berikut :

Menurut Koswara, gangguan mental ini adalah gangguan dimana individu atau penderitanya menampilkan dan menimbulkan kesan untuk individu atau sekelompok orang yang lain.

Menurut Maramis, gangguan mental ini adalah keseluruhan dari pola pikiran, perasaan serta perilaku yang sering untuk digunakan seseorang dalam berusaha untuk beradaptasi yang dilakukan terus menerus selama hidupnya.

Menurut Rudi Malim, gangguan mental ini adalah yang merujuk pada PPGDJ – III yaitu Pedoman Penggolongan Diagnosa Gangguan Jiwa III. Gangguan mental kepribadian merupakan istilah untuk suatu jenis penyakit dimana penderitanya dalam hal cara berpikir, memahami situasi, serta berhubungan dan bersosialisasi dengan orang lain tidak berfungsi.

Menurut Kaplan dan Saddock, gangguan mental ini adalah suatu bentuk varian dari sifat karakter penderita yang berada di luar rentang dari penderita gangguan itu sendiri. Bagi Kaplan dan Saddock, kepribadian adalah sebuah totalitas sebuah sifat emosional serta perilaku yang menjadi penanda dari kehidupan seseorang dari hari ke hari, waktu ke waktu, dan masa ke masa yang setiap kondisinya dapat diketahui atau sudah bisa diramalkan.

Ciri – Ciri Orang Dengan Gangguan Kepribadian

Orang yang menderita gangguan mental ini mempunyai ciri – ciri yang dapat dikenali sebagai berikut :

Orang yang menderita gangguan mental ini mempunyai gerakan serta perilaku yang terbilang aneh dan tidak normal.

Sering mengurung diri atau menghindari diri dari interaksi sosial.

Mengalami kesulitan dalam menjalani hubungan dekat dengan orang lain.

Penderita kesulitan dalam mengendalikan pikiran sendiri.

Demikianlah definisi atau pengertian gangguan kepribadian yang dijelaskan secara umum serta menurut beberapa ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *