3 Alasan Penting Dalam Menggendong Bayi Dengan Benar

Berperan sebagai orang tua merupakan hal yang sangat menyenangkan, terutama dalam melihat perkembangan tumbuh kembang si kecil. Dalam menggendong bayi terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan, berikut 3 alasan penting dalam menggendong dengan benar pada bayi yang baru lahir.

Alasan Harus Menggendong Bayi Dengan Benar

Membantu Perkembangan Fisik Bayi yang Sehat

Manfaat menggendong bayi yang pertama adalah membantu perkembangan fisik bayi yang sehat.

Bayi dengan tekanan sedang bisa meningkatkan berat badan pada bayi prematur, selain itu kepadatan tulangnya juga bertambah.

Nah, menggendong bayi bisa meniru memijat bayi, lho. Yakni ketika bayi kita gendong dengan menggunakan gendongan dan cukup erat, gerakan-gerakan ringan kita seakan-akan adalah pijatan. Dapatkan informasinya seputar cara menyusui bayi baru lahir agar bayi tetap nyaman.

Mengurangi Resiko Terkena Otitis Media

Manfaat menggendong bayi yang selanjutnya adalah mengurangi risiko otitis media. Otitis media adalah infeksi pada telinga bagian tengah tepatnya pada rongga di belakang gendang telinga.

Nah, menggendong bisa mengurangi otitis media, karena ketika menggendong posisi anak tidak tiduran melainkan tegak, sehingga resiko gas naik hingga ke kerongkongan dan ke telinga jauh lebih sedikit dari pada anak dibiarkan terus berbaring seharian.

Mendukung Pertumbuhan Fisik pada Bayi Prematur

Manfaat menggendong bayi yang selanjutnya adalah mendukung pertumbuhan fisiko bayi prematur. Bayi prematur yang terpapar skin to skin selama kurang lebih 6 jam per hari dengan metode KMC atau Kangaroo Mother Care, pertumbuhan dan perkembangannya jauh lebih pesat ketimbang bayi prematur yang hanya ada di dalam inkubator.

Tentunya untuk mendukung seorang ibu melakukan KMC dalam durasi yang lama membutuhkan alat bantu seperti gendongan. Semakin lama bayi terpapar skin to skin dengan ibu atau ayahnya, perkembangan dan pertumbuhannya akan semakin pesat.

Selain menggendong bayi dengan benar, posisi tangan juga berperan penting dalam menggendong. Karena jika salah posisi dapat menyebabkan kecacatan. Dalam cara menyusui bayi baru lahir juga memerlukan posisi yang baik dan benar, dalam memilih sebuah popok juga merupakan hal yang perlu diperhatikan para orang tua. Untuk itu menurut para ahli, popok yang cocok untuk kulit sensitif mulai dari usia 0 bulan bisa menggunakan popok Merries.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *