Lakukan Tips Praktis Ini Jika Anak Susah Makan

Bagi balita yang sudah mengkonsumsi menu MPASI atau anak yang sudah melewati masa balita tentu membutuhkan makanan pendamping untuk mendukung pertumbuhan. Makanan pendamping ini juga harus kaya akan gizi sekaligus nutrisi dan bukan makanan yang sembarangan. Bagi yang masih bingung mengenai menu MPASI bagi anak susah makan, berikut ini ada salah satu menu pilihan sehat untuk si kecil:

Bubur wortel dengan labu

Menu MPASI ini kaya akan vitamin A dari wortel dan juga mineral serta serat yang diperoleh dari labu. Bahan yang dibutuhkan untuk menu ini cukup mudah karena cukup menyediakan 1 potong wortel dengan ukuran sedang, 50 gr untuk labu kuning, 2 biskuit rasa susu, dan air matang sebanyak 100 ml. Untuk proses pembuatannya juga mudah sekali, berikut rinciannya:

Tips Praktis Bagi Anak Susah Makan

– Pertama bersihkan dahulu wortel dan labu yang telah dibeli kemudian potong menjadi bentuk dadu.

– Kemudian kukus kedua bahan tersebut sampai setengah matang.

– Selanjutnya masukkan ke dalam wadah blender semua bahannya  sampai benar-benar halus dan bisa dimakan si kecil.

– Masak lagi bahan yang sudah halus sampai benar-benar matang, lalu tiriskan, dan menu bisa disajikan untuk si kecil.

Lalu bagaimana jika anak tidak mau makan menu MPASI? berikut ini ada beberapa solusi anak susah makan untuk setiap orang tua agar anaknya nafsu makan kembali:

– Berikan makan dalam jumlah yang lebih sedikit tapi waktunya lebih sering, biasanya si kecil yang susah makan karena sudah terbiasa makan yang berlebihan.

– Buat tampilan menu jadi lebih menarik, cara ini agar si kecil jadi tertarik dan mau makan lagi. Misalkan bisa menambahkan nugget yang berbentuk seperti hewan favorit si kecil.

– Buat sebuah jadwal makan yang lebih teratur, dari jadwal ini maka si kecil akan terbiasa makan sesuai waktunya sehingga pada jam tersebut anak sudah lapar dan mau makan.

– Tambahkan jenis makanan agar si kecil tidak bosan.

– Selain jenisnya, tambahkan juga variasi rasa yang bertujuan agar si kecil juga senang mencoba rasa baru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *